Nagan Raya Raih Dua Penghargaan di Festival Barat Selatan Aceh 2022

DISBUDPARPORA NAGAN RAYA - Kabupaten Nagan Raya meraih perhargaan juara tiga Rapa'i Geleng dan harapan tiga stand terbaik di Festival Pesona Barat Selatan Aceh.

Pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Barat Selatan Aceh tahun 2022 berlangsung sukses, yang digelar mulai 28-31 Agustus 2022 di lapangan Nagan, Kabupaten Aceh Selatan. Delapan kabupaten/kota turut ikut andil dalam festival tersebut, khususnya daerah Barat Selatan Aceh, diantaranya Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Subulussalam.

Pada saat penutupan, Rabu 31 Agustus 2022 sore, Nagan Raya muncul sebagai juara harapan tiga stand terbaik dan juara tiga lomba Rapa'i Geleng. Ini menjadi pencapaian luar biasa pemerintah kabupaten tersebut dalam komitmennya mempromosikan destinasi dan budaya di ruang lingkup Aceh bahkan dunia.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Nagan Raya, Fariky, mengapresiasi kerja keras tim Disbudparpora Nagan Raya dalam mempromosikan destinasi. "Kami mengapresiasi kerja keras tim dari dinas serta ucapan terima kasih telah membawa alam Giok Nagan Raya, Singgah Mata ke Festival Pesona Barat Selatan ini," ucapnya.

Ia berharap dapat meningkatnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengembangan budaya seni di Nagan Raya, kemudian terkait nilai-nilai destinasi wisata. "Semoga kita bisa meningkatkan UMKM dan mengembangkan budaya dan seni di Kabupaten Nagan Raya, juga kita bisa menjunjung tinggi bahwa nilai-nilai destinasi wisata bukan hanya tempat hiburan semata," katanya.

Menurutnya, kearifan lokal yang dimiliki sesuai dengan landasan syariat Islam sebagai mana moto “Agama Tapukoeng Budaya Tajaga”. "Insya Allah tahun depan Kabupaten Nagan Raya akan menjadi tuan rumah dalam festival pesona barat selatan karena saya sudah membicarakan itu dengan pihak provinsi," ujarnya.

Pada saat closing statement penutupan festival, Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Barat Selatan akan menjadi agenda rutin tahunan pemerintah Aceh di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Selain itu, di akhir acara Disbudpar Aceh memberikan apresiasi atas keikutsertaan kabupaten/kota yang hadir dalam Expo Pesona Wisata.

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :