Jelang Upacara 17 Agustus, Anggota Paskibraka Nagan Raya Jalani Karantina

DISBUDPARPORA NAGAN RAYA- Seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Nagan Raya mulai menjalani karantina di Hotel Bintang Syariah, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Rabu (14/8) untuk persiapan prosesi pengibaran bendera pada 17 Agustus mendatang di Lapangan Upacara Alun-alun, Suka Makmue.

Kadisbudparpora Nagan Raya, T Raja Pahlawan SP dalam sambutannya Rabu (14/8) malam mengatakan karantina itu dilakukan untuk membekali para anggota paskibraka agar benar-benar matang fisik dan mental saat melakukan pengibaran bendera pusaka pada hari upacara 17 Agustus memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tujuannnya untuk membentuk seluruh anggota Paskibraka kita ini menjadi pribadi yang berjiwa NKRI, dan tertanam dalam diri mereka bahwa NKRI harga mati serta kita harapkan mereka menjalankan tugasnya dengan baik nanti,”ujarnya.

T Raja Pahlawan juga mengatakan, dalam masa karantina ini para anggota Paskibraka Nagan Raya diharapkan patuh pada aturan yang telah ditetapkan pihak panitia serta selalu menjaga diri agar tetap dalam kondisi prima.

“Kita berharap adik-adik anggota paskibraka ini juga selalu menjaga kekompakan, menghargai satu sama lain dan selalu menjalankan kewajiban dalam beragama,”demikian ujarnya.

Dalam masa karantina para anggota Paskibraka diberikan materi oleh pihak Polri Kapolres Nagan Raya AKBP GIyarto SH SIK, yang diwakili oleh Kapolsek Kuala, Zafailani, materi yang diberikan berupa wawasan kebangsaan dan materi agar menjadi pelopor generasi muda lainnya.

Bersamaan dengan hal itu salah satu Pelatih Paskibraka Nagan Raya, Dahlan, Rabu, mengatakan sejauh ini kesehatan fisik dan mental anggota Paskibraka Nagan Raya inipun dalam kondisi prima.

“Kesiapan fisik dan mental mereka bisa dikatakan mencapai 97% selama 26 hari latihan PBB dilapangan pun mereka juga diberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi,”ungkapnya.

Untuk diketahui jumlah keseluruhan anggota Paskibraka Nagan Raya sebanyak 72 orang perwakilan SMA,MA dan SMK se Kabupaten Nagan Raya, yang terdiri dari 42 orang laki-laki dan 30 orang perempuan.

Dalam hal ini Disbudparpora Nagan Raya  juga bekerja sama dengan pihak Kodim 0116 dan Polres Nagan Raya untuk melatih para anggota paskibraka ini.

Para anggota Paskibraka inipun dikarantina selama empat hari yang dimulai pada Rabu 14 Agustus dan akan berakhir pada Sabtu 18 Agustus 2019.

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :