DI IKUTI 295 PESERTA, DISBUDPARPORA NAGAN RAYA MENGADAKAN TES PEMANDUAN BAKAT TINGKAT SMP DAN SMA

DISBUDPARPORA NAGAN RAYA - Pemerintah kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bidang Olahraga telah mengadakan tes pemanduan bakat tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se – Kabupaten Nagan Raya yang telah dilakukan pada tgl 10. s/d 11 oktober 2022, Dalam tes pemanduan bakat tersebut diikuti oleh 295 peserta yang terdiri dari 206 laki – laki dan 89 perempuan.
Kegiatan tes pemanduan bakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memilih calon atlet yang memiliki berbagai kemampuan tertinggi dalam cabang olahraga (cabor) tertentu, namun pada kesempatan ini peserta akan diseleksi sesuai dengan bakat dan kemampuan pada cabang olahraga sepak bola, bola voli, bulutangkis, dan cabor tenis meja. Kemudian selanjutnya keempat cabor tersebut akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari Disbudparpora Kabupaten Nagan Raya yang akan di mulai pada tgl 24 oktober 2022.
Kepala dinas Disbudparpora FARIKY, SE.,M. Si. Ak melalui Kepala Bidang (kabid) olahraga Disbudparpora Bambang Harianto, S. Sos menyatakan kegiatan tes pemanduan bakat ini dilakukan didua lokasi yaitu di Kecamatan Kuala bertempat dilapangan Stadion Nagan Raya dan di Kecamatan Darul Makmur bertempat dilapangan Karya Nyata. Kabid olahraga yang akrab disapa Pak Bembeng juga menambahkan, peserta yang mengikuti tes pemanduan bakat telah mengikuti tes yang disiapkan oleh panitia pelaksana kegiatan, yang diseleksi secara ilmiah dengan menggunakan metode modifikasi sport search yang meliputi tes pengukuran tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang lengan, kemudian lempar tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari 40 meter, dan lari multitahap (MFT).
Berdasarkan dari hasil tes, analisis, dan pengolahan data yang dilakukan secara manual, terseleksi sebanyak 106 calon atlet yang terdiri dari 86 laki – laki dan 20 perempuan. Dari hasil seleksi tersebut akan dibina di dua lokasi pembinaan, yaitu untuk daerah Suka Makmue dua tim cabor sepak bola putera, satu tim cabor bola voli putera, dan satu tim cabor bola voli puteri. Sementara cabor bulutangkis empat orang petera dan empat orang puteri, dan cabor tenis meja empat orang putera dan empat orang puteri. Kemudian untuk daerah Darul Makmur satu tim cabor sepak bola dan satu tim cabor bola voli putera mulai hari senin tgl 24 oktober 2022
Kadis Disbudparpora Fariky, SE, M. Si, Ak menyatakan kegiatan tes pemanduan bakat ini bertujuan untuk mencari calon atlet yang disesuaikan antara potensi atau bakat atlet dengan cabor yang dipilih. Karena selama ini seringkali kita lihat pemanduan bakat dilakukan dengan pengamatan atau pengalaman pelatih. Cara ini tidak salah, melainkan belum memiliki tingkat keakuratan yang memadai dan belum terukur dan belum terstandar.
Fariky juga menambahkan, prestasi olahraga sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kesesuaian  antara bakat dan cabor yang diminati, karena hal ini berkaitan dengan pembinaan atlet menuju prestasi yang diharapkan.
Selain itu Fariky juga mengharapkan, agar peserta calon atlet yang lolos seleksi tes pemanduan bakat bisa mengikuti pembinaan dengan baik sesuai jadwal dan program latihan yang dirancang oleh pelatih sesuai dengan cabor masing – masing. Kadis Disbudparpora juga berharap kedepan atlet Nagan Raya mampu bersaing baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional.

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :